Tugas dan Fungsi

BPTP Jawa Barat berdiri pada tanggal 1 April 1994 berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian RI Nomor 798/Kpts/OT.210/12/94, dengan nama BPTP Lembang, sampai dengan tahun 2000, wilayah kerja BPTP Lembang meliputi 11 instalasi penelitian/pengkajian teknplogi pertanian (IP2TP) yang berada di Propinsi Jawa Barat dan propinsi DKI. Berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian RI Nomor,350/Kpts/OT/6/2001, nama BPTP Lembang berubah menjadi BPTP Jawa Barat dengan wilayah kerja Propinsi Jawa Barat. Dengan keputusan ini BPTP Jawa Barat hanya membawahi 1 IP2TP yaitu IP2TP Cipaku Bogor Sekarang Kebun Percobaan Cipaku Bogor.

Secara struktural Kebun Percobaan Cipaku berada dibawah unit pelaksana teknis (Balai/Loka) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Barat yang berfungsi sebagai instalasi dan koleksi plasma nutfah komoditas pertanian. Kebun Percobaan memiliki sarana dan prasarana yang cukup penting bagi kegiatan penelitian sehingga dapat dikatan bahwa kebun percobaan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan penelitian khusunya yang dilaksanakan di lapangan. Selain itu, Kebun Percobaan merupakan laboratorium alam dimana para peneliti bisa bereksperimen dan menuangkan ide-ide cemerlang dalam upaya menghasilkan inovasi-inovasi teknologi pertanian.

Kegiatan-kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan Litbang Pertanian terutama yang dilaksanakan oleh unit kerja dan unit pelaksana teknis yang ada dibawahnya pada umumnya dilakukan di Kebun Percobaan. Hal ini membuat peranan Kebun Percobaan menjadi sangat vital bagi kegiatan penelitian dan pengembangan. Peranan ini dapat dilihat dari kontribusi Kebun Percobaan dalam penyediaan sarana dan prasarana bagi para peneliti dan bagaimana Kebun Percobaan memelihara dan merawat tanaman percobaan yang dijadikan objek penelitian. Pentingnya posisi kebun percobaan bagi kegiatan penelitian seperti yang telah diuraikan sebelumnya mengharuskan adanya sinergisme dan koodinasi yang sangat kuat antara kegiatan penelitian dengan kebun percobaan. Untuk menghasilkan sinergisme dan koordinasi yang baik, perencanaan kegiatan penelitian dan kebun percobaan sebagai perencanaan operasional sangat penting untuk dilakukan sebagai tidak lajut dari perencanaan strategis yang telah disusun oleh Badan Litbang Pertanian maupun unit kerja/unit pelaksana teknis yang ada dibawahnya.

Dalam pelaksanaanya Pengelolaan Kebun Percobaan harus dilakukan dengan baik agar pelaksanaan tugas dan fungsinya bisa berjalan dengan optimal dalam mendukung kegiatan penelitian. Pengelolaan tersebut harus dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen berupa perencanaan, pengorganisasian, pengerakan dan pengendalian yang bersinergi dengan kegiatan penelitian.

Kebun Percobaan pada dasarnya adalah menterjemahkan dan mensiasati Rencana Operasional Pelaksana Penelitian (ROPP) yang telah disusun oleh para peneliti. Pada tingkat ini , Kepala Kebun harus terlibat aktif dengan para peneliti dan penanggung jawab penelitian untuk memastikan bahwa penelitian yang disusun dapat dioperasionalkan dengan baik dengan resiko kegagalan rendah dan tingkat keberhasilannya

Sejak berada dibawah  BPTP Jawa Barat, tanaman koleksi  baru difokuskan pada tanaman buah-buahan spesifik Jawa Barat dengan tidak melupakan koleksi tanaman buah-buahan dari lokasi lain.  Sejalan dengan ini kegiatannya lebih banyak difokuskan pada perawatan tanaman, karakterisasi, penyulaman, tanaman yang mati dan penambahan tanaman komoditas baru. Saat ini tanaman yang ada berjumlah 726 pohon , terdiri dari 193 kultivar dan 42 komoditas.

Luas Kebun Percobaan Cipaku + 3,5 Ha yang seluruhnya lahan kering terletak di kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Adapun status kepemilikan  tanah  bersertifikat Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bogor dengan Nomor ; AE.318488  10.10.10.14.4.00002, yang sebagian batasnya dikelilingi oleh sungai Cisadane dengan ketinggian tempat 220  m.dpl, serta beriklim tropis terletak diantara 106,81479  Bujur Barat dan 06,63938  Bujur Timur. Dengan batas wilayah disebelah Timur  berbatasan dengan tanah Perumka, sebelah Selatan dan Barat berbatasan dengan sungai Cisadane, sebelah Utara berbatasan dengan sungai Cisadane dan PDAM Bogor.

Jenis tanah di Kebun Percobaan Cipaku adalah Latosol dengan kesuburan sedang dibagian timur dan semakin ke Barat semakin tidak subur dan pH nya juga semakin menurun dari 5,5 – 4,0.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s